PUBLIC SPEECH Training Day1

(29-9-2018)
Hari jumat mbak Ndaru peringatin aku kalau jalan ke rumah tante Ira itu 2 jam, aku sih percaya percaya aja karena jauh dan terakhir ke sana aku gak inget berapa lama. Workshop Public speech aku itu jam 9, jadi kira kira aku harus bangun jam 6 siap siap jam 7 berangkat.

Aku malemnya siap siap untuk berangkat kesana, gak lupa bawa sabun cuci muka dan sikat gigi. Tadinya aku rencana mau bawa odol dan sampo, karena aku tau keluarga tante Ira gak pake produk mandi untuk keseharian. Aku inget pas kesana aku mandi, dan aku liat gak ada sama sekali sabun/sampo/odol. Tapi masalahnya di rumah gak ada odol/sabun/sampo yang bisa aku bawa (bisa sih) dan aku lupa.
Aku tanya tante Ira harus bawa apa, jawabnya "Alat tulis" aku bawa tempat alat tulis dan buku.
Malemnya aku cepet cepet tidur biar bisa bangun jam 5.

Keesokan harinya~

Pagi ini aku bangun jam 4, tapi aku mager banget bangun jadi aku tidur lagi biar alarmnya bunyi jam 6. Dah bangun jam 6, aku bangunin mbak mbak biar bisa bantu aku karena aku kalau pagi mau pergi itu sering ngeblank.
Mbak Anin bangun, beli makan sama aku terus aku mandi. Habis mandi aku ambil laptop masukin tas, katanya mbak ndar aku mungkin bakal butuh. Habis itu jam 7 aku berangkat naik gojek harganya Rp18.000

Sampe di sana tante Ira kaget karna aku cepet banget nyampenya, dan sekarang masih jam 8. Ternyata mbak ndaru boong soal 2 jam -_-
Di sana aku cuma duduk di meja makan sambil ngobrol sama tante Ira yang sibuk jalan jalan nyiapin alat. Selang beberapa menit ada anak yang dateng namanya Arya, dia naik gojek juga. Habis itu ada Satrio yang dateng, terus ada Rachmat (cowo) yang tadinya kara tante Ira aku harusnya bareng sama dia berangkat naik mobil kakaknya, tapi ternyata mobilnya rusak, dia kesini naik gojek kayaknya.
Setelah itu ada beberapa anak yang dateng tapi belom tau namanya jadi gak ngeh/sadar siapa yang dateng duluan.

Udah jam 9, kita semua duduk di area samping dapur dan meja makan di rumah tante Ira, di sekitarnya ada banyak jendela ukurannya sekitar panjang lebar 2x0.5m, yang nempel ke lantai jadi kalau dibuka keliatannya kaya pintu yang ada banyak. Di situ juga tempat dimana kita bakal tidur nanti malem.

Kita semua udah duduk, kita diperkenalkan sama tante tante namanya tante nelly, tapi kita disuruh panggil kakak. Kita dijelasin gimana dan apa workshop ini. Workshop ini bakal makan waktu 2 hari, dari hari sabtu 29 sampai minggu 30.
Disana kita disuruh saling kenalan, sebelumnya yang aku tau cuma Aruna, Satrio, Salma.
Kita dibagi 3 klompok dari 9 orang, jadi 3 orang per klompok. Aku seklompok sama Salma dan 1 anak cewe. Namanya Aisya.

Tante Nelly suruh kita saling kenalan, tulis apa yang menarik tentang orang yang kita kenalin. Pertama aku yang ditanya-tanya sama Salma dan Aisya, meskipun Aisya sebenernya gak nanya apa apa karena aku liat dia anaknya pemalu. Habis itu kita tanya tanya Aisya.
Ini yang aku tulis
Dari kecil suka nari balet dan nyanyi lagu pop
Waktu kecil ikut ekskul tari, tapi sekarang sudah enggak lagi
Dia lebih suka nyanyi daripada nari
Tapi lebih pede nari, karena kalau tampil dia bisa bareng temennya, sedangkan kalau nyanyi tampil sendiri.
Dia ada bayangan jadi komposer musik kalau bisa lebih jago main piano
Habis, habis waktunya untuk nanya nanya, padahal kita belum nanya si Salma. Langsung si Salma nyuruh kita tulis
Pernah suka gitar
Sedang mempelajari Bahasa
Tertarik dengan penelitian
Mau masuk SMA negri
Merasa passion di Social
Tapi cita cita di sains
Suka bicara di depan umum tapi merasa dirinya tidak layak/kuran berpengalaman
Tante nelly ajak salah satu maju untuk jelasin temennya, dan apa yang menarik.
Pertama si Lita, terus Arya, terus Satrio
Kedua Salma, aku terus si Aisya
Ke tiga klompoknya Aruna, Yna, Rahmat
Oia si Rahmat itu panggilannya Amet, tapi aku gak tau sejarahnya gimana

Link Audio: https://drive.google.com/file/d/1Hlc2JY5IlsUJCVMO_bcEzjABeo6M3aod/view?usp=sharing

Habis itu tante nelly ceramah. Terus kita dikasih materi ABC

  • Awali dengan Persiapan diri
    • Motivasi diri
    • Minum Kopi
    • Semangat
    • Dll
  • Bawakan dengan Semangat
  • Cermati keadaan Sekeliling
    • Liat umur audience
      • Kalau anak kecil bawa dengan seru
      • Kalau tua pake bahasa baku
Ada banyak ngomongnya, aku males nulisnya, bukan males sih aku juga agak lupa timelinenya, kapan ngomong apa, tapi yang penting aku paham dan dapet ngomongnya.
Ada ngomongin tentang motivasi, sosmed, cita cita trus nyambung ke "semua profesi butuh public speaking"
Jeng jeng jeng jeng, terus kita suruh bikin/nyiapin presentasi soal diri kita, cita cita, hobi, dst
Terus ada materi mengatasi Grogi dari bagian "Awali dengan Persiapan Diri"
Ada juga materi postur tubuh, gerakan badan.
Terus materi A.N.T.V
Artikulasi, Nada, Tempo, Volume

Habis itu kita makan siang, terus nyiapin presentasi prestasi yang tadi.
Ini Hasilnya

Intro
Perkenalan -> Mau cerita
Masa kecil
Pernah Programing ->Notebook kecil
CMD -> Notepad
Timer
Shutdown Sendiri
Oase -> Komunitas HS
Aktivitas: Pramuka, Futsal, Panahan
Setiap Rabu
Makin Tertarik
Ikut lomba -> Juara 2
Fast forward
Ketemu temen kakak
Dikenalkan Web Design
HTML, CSS, JS
Belajar & Latihan terus
Kakak tantang bikin Web -> Manual -> Frontend (Masih tampilan, belum respond ke server)
Belajar Terus
Panahan Masih Terus

Terus kita mulai presentasi
Yang aku dapet evaluasi buat aku (Kita sebutnya Feedback di sana)
  • Bungkuk
  • Eye contact kurang
  • Kaki kanan nekuk
  • Banyak "ehhh.."
  • Volume pelan
Terus Habis eval itu kita ngomongin gimana cara memperbaiki presentasi tadi.
Ada Materi Tahap (Aku lebih suka sebutnya Format) Presentasi
  1. Pembukaan
    • Salam
    • Kenalan
    • Latar belakang
    • Menarik Perhatian menggunakan
      • Pertanyaan
      • Games
      • Fakta menarik
      • Sudut pandang berbeda dari kita
      • Film
      • Video
      • Dll (Ada banyak)
  2. Isi
    • Materinya
  3. Penutup
    • Kesimpulan
    • Salam
    • Terimakasih
Habis itu aku nulis lagi presentasiku dengan format yang sesuai dengan tante Nelly kasih ke aku
Ini Hasilnya



INTRO
Saya... Seorang... Yang...
Disini... Prestasi... Yang... Untukku...
Menurutku... Hidup=Panahan & Programing
Ada Awal ada Akhir
Ada Tujuan ada impian

ISI
Waktu kecil... Minus Di sekolah...
Impian -> Tidak tambah minus
Sehingga -> CMD -> Timer -> Tidak tambah minus banyak
Cerita panahan
Begitupula panahan -> Semakin fokus -> Semakin menengah -> Besar poin

OUTRO
Kesimpulan -> Dengan ada tujuan...
Saya... Selalu ingat tujuan
Terimakasih

Aku lupa Feedbacknya apa, seingetku
Masih ada Ehhh
Suaranya masih kecil

Habis itu materi lagi yang aku lupa materinya apa.
Terus kita disuruh bikin Presentasi lagi tentang apapun buat besok.

~

Malemnya si Yna, Aisya, Arya pulang, sisanya nginep. Kita tidur di tempat kita belajar itu.
Kita rencana mau nonton film, tapi binguuuung banget mau nonton apa. Sebenernya pengen nonton Exorcism (Saran Aruna) Tapi ada si anaknya tante Nelly dan Nara. Tante Ira gak bolehin, tapi akhirnya si Nara mojok di ujung main laptop, anaknya tante Nelly ikut nonton karena tante Nelly juga gak peduli kayaknya.

Kita nonton sambil tidur tiduran, tiba tiba Tante Ira keluar pintu terus masuk masuk bawa Pizza sekita 5-8 Box. :D
Jeng jeng jeng jeng seru deh.
Selagi nonton si Lita Nanya aku soal Ai (Pake cara baca bahasa indonesia) Ternyata maksud di ei-ai Baru ngerti terus aku jadi kepikiran buat bikin presentasi besok tentang AI

Jam 9 film selesai pada mau tidur, tapi ada yang mau nonton, eh malah filmnya hotel transilvania -_-
Jadi banyak yang tiduran main HP yang nonton cuma Nara dan anak tante Nelly (Masih lupa namanya)
Ada rencana mau main TOD tapi malah gajelas trus akhirnya Tidur (Aku lupa kita sempet main kartu ato main kartunya besok)