Gembira Loka Zoo (Jalan jalan)

(Kamis 14/06/2018)
Hari ini aku pergi ke Kebun binatang Gembira Loka untuk ngeliat binatang,
dianterin mbak Andaru naik motor. Sampe di pintu timur Gembira Loka aku beli tiket ditemenin mbak Andaru, harga tiket masuknya Rp30.000 udah dapet tiket masuk dan peta, sekalian aku nanya password wifi dan nanya "Kalau nanti saya keluar apa boleh masuk lagi?" mbaknya jawab "Kalau Password Wifi tanya di pos keamanan, kalau mau masuk lagi setelah keluar juga boleh"

Setelah beli tiket mbak Andaru langsung pulang. Aku langsung menuju ke gerbang tiket untuk masuk ke dalam. Udah di gerbang aku lupa untuk nanya soal Password Wifi. Disitu ada 3 jalan, kanan, lurus dan kiri, tapi semua orang jalan ke arah kiri jadi aku ikutin ajah.
Setelah jalan sekita 100 meter aku baru inget untuk nanya Password Wifi, jadi aku balik lagi ke gerbang. Sampe di gerbang masnya nyuruh aku untuk ke pos untuk nanya. Akhirnya aku dapet Password, aku lanjut jalan ke jalan yang tadi.


Sampe di pertigaan ada penunjuk jalan tulisannya
"Zona Edukasi"
"Museum"
"Musala, toilet"
"Area satwa"
Aku awalnya bingung mau kemana, tapi karena di petunjuknya ada logo binatang di 'Zona Edukasi' jadi aku jalan ke arahnya
Jalan menuju Zona Edukasi itu turunan dan ada tangga ada hutan juga di sebelah kiri. Di depan ada sungai Gajah Wong. Di depannya lagi ada kapal yang dinamain Mayang Tirta yang ada di danau buatan. Di situ aku bisa lihat ada halte di kanan, tapi aku gak tau apa dan buat apa halte itu.

Aku jalan jauh ke kiri. Sampe akhirnya aku nemu ada kantin yang sedia bakso, indomie, dan lain lain. Di depan kantin itu ada kandang Gajah yang besar. Sekitar 100x100. Di situ ada 4 Gajah yang besar disampingnya ada area juta untuk Menunggang Gajah.

Di arah kiri kanan ada jalan, aku milih untuk jalan ke kiri karena rame. Di bagian kiri jalan itu ada Orang Utan yang diem terus di rumah kecilnya, Simpanse, Kolam ikan untuk "terapi", Buaya kecil kecil yang cuma diem ajah kaya udah gak bernyawa, ada semacam kangguru namanya Wallaby Kuda Nil yang lagi mandi di kolam, Kancil kecil ngumpet di semak semak.



Sedangkan di bagian kiri ada Aquarium ikan yang isinya banyak ikan ikan sebesar besar bantal tidur.

Di kiri jalannya ada tempat besar yang ada tempat makan, toilet dan kandang Harimau. Pas aku liat kandang Harimaunya, ternyata ada 2 Harimau yang di kandang di dalem. Aku sempat foto, tapi hasilnya kurang jelas.

Setelah jalan ke selatan, ada pertigaan yang kalau lurus kita masuk ke bagian burung burung atau Bird Park. Di Bird Park itu ada semacam kolam kecil yang isinya ada pelikan dua, yang satu lagi bengong, yang satu lagi tidur kepalanya kebalik 180 derajat! aku gak tau kenapa atau gimana tapi itu keren.
Di kolam atau kandang yang sama, ada burung burung jenis lain yang jumlahnya lebih banyak. Aku gak tau itu jenis burung apa tapi kalau di petanya kalau gak salah ini burung Lesser Flamingo.

Di depan ada kandang kandang kecil yang isinya ada elang elang beragam jenis.
Ada 2 kandang Elang Brontok, Elang Bondol, Elang Laut Putih, Elang Jawa, dan 2 kandang selanjutnya aku liat liat kayaknya kosong.

Di luar kandang itu ada 2 Patung Burung (kayaknya sih Elang) yang berdiri di atas pohon kering. Patung Elang ini keren banget menurut ku, karena detail bulu bulu Elang ini keliatan Real! kaya burung asli. Aku jarang jarang liat patung yang mempunyai detail sebagus ini. Sayangnya tempat patung ini agak ketinggian, jadi jarang ada orang yang notice atau sadar kalau ada patung keren di sini. Setelah aku liatin cukup lama, tiba tiba salah satu patung ini garuk garuk sayapnya. Lah?! Iya, ternyata Patung yang kiri bukan patung, tapi burung beneran. Aku mikir "loh, burung ini kenapa gak di tali atau di kandang? padahal gak ada atap, bisa bisa burung ini terbang begitu ajah dari kebun binatang ini." Tiba tiba patung yang sebelah kiri juga gerak... Aku berpendapat kalau dua burung ini di keluarin/kabur dari kandangnya, terus hinggap di pohon ini.

Setelah dari tempat elang tadi, aku liat di utaranya ada pintu besi yang keliatan terbuka untuk umum, di sebelahnya juga ada tulisan Kandang Dome. Tapi pas aku mau masuk aku coba buka pintunya, aku gak tau kenapa tapi pintunya susah dibuka padahal gembok/kuncinya kebuka. Aku tadinya pengen maksain untuk dorong pintunya lebih keras, tapi aku takut bakalan kenapa kenapa, juga gak ada orang yang keliatan masuk. Jadi aku muter balik ke pertigaan untuk lanjutin perjalanan.

Di pertigaan aku belok kiri kearah barat, di jalan aku liat di sebelah kanan ada tembok yang di bawahnya ada kaca kotor yang isinya Landak Landak Putih ada tiga. Salah satu Landak ini gemeteran kaya ngeDJ. Aku juga bingung kenapa Landak Landak ini di kandang sekecil itu. Aku jalan ke balik kandang Landak itu.
Ternyata kandang untuk Landak itu cukup besar, tapi ada lubang kotak yang menuju ke tempat kecil yang ada kacanya itu. Di samping Landak Putih ada kandang Landak yang gak putih. Ya, aku lupa namanya.
Di timurnya Landak ada kandang Kura Kura yang jenisnya semua Aldabra. Warna tempurung Kura kura ini putih pucat semua, dan bentuk kepalanya runcing runcing jarinya susah dilihat.
Kalau menurut Wikipedia inggris; Aldabra itu Tortoise, atau kalau di terjemahkan ke indonesia Penyu! Sedangkan Wikipedia Indonesia; Aldabra itu kura kura. Gak tau juga ya...
Di selatannya Kura Kura ada banyak Burung Kakaktua yang pas banget lagi dikasih makan sama ZooKeeper. ZooKeepernya ngasih makan tanpa khawatir kalau burungnya kabur, padahal pintu kandangnya dibuka lebar lebar. Yang aku lihat burung Kakaktuanya dikasih makan buah buahan.

Setelah ngeliatin burung dikasih makan, aku jalan menuju jalan yang 'benar' atau jalan yang semua orang ikutin karena memang lebih efisien. Tapi tunggu dulu, kalau di Map/Peta, ada kandang Ular yang belum aku datengin, Jadi aku mau balik lagi untuk liat ularnya. Tapi aku bingung sama bentuk petanya, jadi aku tanya satpam di pos Keamanan dekat burung Kakaktua. Bapak itu nyuruh aku untuk muter balik sampe ke tempat tadi aku liat Aquarium, terus belok kiri... Kan males banget jauh. Tapi yaudah lah.

Di jalan menuju Ular, aku nemu kandang Kura kura / Penyu Aldabra yang besarnya sebesar... apa ya??? Kura kura eh kira kira sebesar 1x0.5 meter tingginya 30cm lah. Dan itu Penyu terbesar yang pernah aku lihat secara langsung!
Fakta menarik: Penyu/Kura kura Aldabra ini statusnya Vunerable, atau Rentan punah!

Habis iu aku liat ada Buaya yang lebih besar dari yang sebelumnya dan beberapa Penyu Aldabra yang ukurannya kecil kecil.

Aku juga nemu kandang Komodo yang sebesar kandang Harimau tadi, dan sama sama di kandangnya gak kelihatan binatangnya. Aku udah cari cari Komodonya. Dimana ya? Setelah beberapa detik aku nyari aku lanjut jalan ajah. Di pikiranku aku mikir kaya gini "Mungkin karna Komodo terlalu bahaya jadi udah gak ditaruh di kandang lagi kali ya?"

Setelah jalan ke samping kandangnya untuk nyari kandang ular, aku liat ada ekor! Ekor di balik pohon pohon kecil semacam bambu. Pas aku Zoom di kamera, ternyata itu Komodonya! Dia ngumpet di belakang pohon.

Habis itu aku lanjut jalan ke arah Ular. Di jalan menuju Ular aku berenti di Gelar Satwa Terampil, yang pas banget kalau lihat di papan infonya kalau ada pertunjukan di jam 11:00
Jadi ada banyak orang yang duduk nungguin acaranya.

Sebelum acaranya mulai, ada lagu yang muter terus, tapi lagunya lumayan enak, bukan sembarang lagu yang ngebeat atau lagu anak anak yang diputer puter terus. Lagunya cukup enak untuk didengerin sambil menunggu acaranya mulai.

Jam 11:02 acaranya mulai dengan bapak bapak dengan topi koboi maju di depan panggung sambil diiringin lagu lagu yang selaras dengan topik yang diomongin. Bapak ini memanggil seoorang 'pendamping' atau 'pelatih' binatangnya dengan seekor Tupai kalau gak salah. Aku lupa sepanjang acaranya gimana, yang pasti ada Tupai, Musang, Tikus Putih, HamsterBeruang madu dan di akhiri Simpanse.

Setelah itu acara selesai aku jalan lagi ke kandang gajah. Aku tontonin sebentar. Habis itu jalan jauh ke utara nyari hal yang baru. Aku nemu gua Kuda Nil yang ujungnya mengarah ke kepala Kuda Nil besar, jadi kita keluar lewat mulutnya. Habis itu aku jalan lagi (jauh banget) sampai ketemu Burung Onta. Yang di sibelahnya ada Watusi, Nilgai, Kasuari, Babi Hutan, Kapibara, Tapir Asia, Tapir Brazil.
Di Sebelah itu semua ada kandang Wallaby lagi yang sepi banget gak ada orang dan banyak daun daun kaya gak disapu, tapi aku gak yakin itu Wallaby karena wujudnya sama persis kaya Kangguru, bahkan jauh dari Wallaby. Pas aku mau foto Kanggurunya tiba tiba salah satu dari mereka langsung berdiri tegang ngarah ke aku, aku langsung takut dan langsung jalan kabur dari situ.
Aku ngelewatin jembatan yang di bawahnya ada Perahu Senggol (Namanya aku dapet dari Map), semacam bom bom car di dufan tapi ini di air. Lagi lagi sepi, karena antara orang orang belum banyak yang masuk, atau memang tempat di utara ini jarang ada yang lewatin.

Setelah muterin tiga perempat danau gembira loka aku nemu Onta Tunggang yang kayaknya tutup, dan Kuda Nil (kali ini yang besar) tapi Kuda Nilnya berendam di air dan cuma ada 4 perempuan seumur mbak Andaru yang ngomongnya keras banget sampe legenda kuno bersabda orang-orang di salatiga bisa denger mereka.

Dari Kudanil aku jalan lagi ke arah Kandang gajah yang kira kira jauhnya 1 kilo dari tempat Kuda Nil. Di jalan yang aku lewatin aku nemu Mister Burger yang sebenernya bikin aku ngiler, tapi kelihatannya kosong gak ada orang. Aku juga nemu semacam tempat dimana TARING(Transpor keliling) berhenti untuk parkir dan dibenerin di deket Halte 1 (Lihat di map).

Sampe di Kandang gajah lagi, aku duduk... terdiam... berfikir... merenung... menikmati... merasakan... indah... enak... rasa... nasi... goreng... iya... aku... laper...
Aku buka botol minumku aku minum satu, dua, tiga teguk air yang mengalir. Dah, balik fokus lagi aku jalan muter muter tanpa mendapatkan pengalaman baru. Aku rencana untuk pulang, aku jalan ke atas lagi.

aku ke pertigaan yang ada di foto atas tadi terus belok ke Area Satwa dan aku nemuin tempat makan, Roller coaster kecil dan datar, dan Ninebot. Sayangnya area Ninebot tutup, jadi aku keluar dari Gembira Loka, makan terus pulang.

Setelah aku cek Map/Petanya lagi di rumah aku nemu beberapa hal yang aku lewatin di sana. Ada Pinguin, Ular (Padahal tadi udah muter demi ngeliat ular), Museum, Taman labirin, Lory Kingdom dan Peternakan.