Tantangan #07 (T07): Hasil Observasi & Wawancara

Tantangan kali ini adalah menjawab DARIMANA ASALNYA bahan/makanan sesuai topik masing-masing kelompok.

Coba gali perjalanan bahan makanan tersebut dari tempat asalnya ditanam/diternak/dipanen, hingga adik benar-benar paham bagaimana bahan/makanan tsb bisa sampai ke tempat kamu membelinya.

Jawaban dicari dengan melakukan observasi (pengamatan) dan wawancara narasumber.
Journal & Tugas:
Tantangan kali ini adalah wawancara dan observasi, tapi kali ini lebih ke asal produknya. Di tugas ini aku seklompok sama Yudhis dan Zaky, kita bertiga tugasnya observasi Ikan-ikan dan seafood. Minggu lalu tantangannya adalah Riset berkelompok.
Tapi hasil tugas minggu lalu di unggah sama Yudhis, jadi aku enggak publish di blogger ku.

Tantangan kali ini cukup membingungkan sampe-sampe aku butuh 2 hari untuk ngertinya, aku baru ngerjain tugas ini hari minggu, padahal tantangan ini keluar hari kamis kemaren. Sebenernya aku bisa ngerjain tugas ini hari sabtu, tapi di hari sabtu itu aku bangun siang, jadi aku gak sempet ke pasar untuk nanya nanya. Malem sabtunya aku gak bisa tidur karna ada masalah, jadi minggunya pun aku bangun siang juga. Nah di hari minggunya itu aku mencoba untuk tidur gak kemaleman dan hari seninnya aku baru bisa ke pasar.

Hari senin aku ke pasar galaxy, aku kesana naik motor dan lupa bawa uang untuk parkir. Sampe sana aku parkir jauh dari tukang parkir untuk menghindari bayar parkir. Aku masuk ke pasarnnya, aku wawancara di tempat yang jual ikan, di sana ada 3 cowo, yang satu lagi ngelayanin, satunya aku gak yakin dia penjual atau bukan karna dia cuman duduk-duduk. Yang satunya lagi, lagi gak ngapa-ngapain jadi aku ajak ngobrol, pertama aku tanya "Pak saya boleh nanya-nanya dikit gak? untuk tugas sekolah" trus dia datengin aku, di situ aku mulai nanya nanya.
Aku          : "Mas namanya siapa mas?"
Mas Indro: "Indro."
Aku          : "Umurnya berapa?"
Mas Indro: "28."
Aku          : "Semua ikan ini belinya dimana mas?"
Mas Indro: "Di pasar bekasi."
Aku          : "Ohh.. Kalau belinya di anter atau kesana pesennya?"
Mas Indro: "Beli sendiri."
Aku          : "Ohh.. Belinya naik apa mas?
Mas Indro: "Naik motor."
Aku          : "Kalau beli setiap jenis ikannya berapa kilo mas?"
Mas Indro: "Heh..? Gak tau deh..."
Aku          : "Gak tau ya mas.."
Mas Indro: "Udah dulu ya dek, lagi sibuk saya"
Aku          : "Ohh.. yaudah deh mas.."
Mas Indro: *Jalan ke arah temennya*
Aku          : *Kecewa*
Mas Indro: *Ngobrol sama temennya*
Aku          : *Jalan ke motor*
~
Trus temennya yang lagi duduk, yang aku gak tau dia penjual atau bukan itu langsung teriak ke mas Indro "Oy! itu udah belom?" trus mas Indronya bilang "Udah.." trus orang itu nanya ke aku "Tugas dari sekolah ya dek?" aku jawab "Iya."


Di parkiran motor, aku cepet cepet pergi, di situ aku gak liat sama sekali tukang parkir.


Di jalan aku merenung sambil mikir apa salah ku sampe bang indro gak main warkop lagi...
:'l

Setelah itu aku ke pasar pagi, itu lebih deket dari rumah ku dan pelanggannya jauh lebih banyak dari pasar galaxy. Di jalan aku liat ada tempat parkir tapi tempat parkirnya itu sebaris dan gak bentuknya gak mendukung aku untuk gak bayar parkir, jadi aku cuman numpang lewat terus muter balik. Akhirnya aku mutusin untuk pulang dulu ambil uang. Sampe rumah aku ambil lima ribuan, trus jalan lagi.

Sampe pasar aku masuk sambil nyari tempat ikan, sampe di tempat ikan aku mau ngomong pun susah karna banyak ibu ibu di sebelah ku yang ngomong terus ke ibu penjualnya, dan ibu penjualnya pun sibuk nyiapin ikan ikannya untuk di jual. Meskipun itu aku tetep gak mau kalah sama ibu ibu itu, jadi aku ngomong "Bu saya mau wawancara bu..." Trus dia gak liat aku dan sibuk nyiapin, sedangkan ibu ibu di sebelah ku ngeliatin aku 'aneh', jadi aku pun nyerah dan balik lagi ke motor, gak sampe 2 menit. Ternyata parkir tetep harus bayar dua ribu meskipun sebentar doang >:(

Sampe rumah aku sambil mikir penjual mana lagi yang jualan makanan binatang dari laut atau seafood. Akhirnya aku tanya tanya ke kak shanty dan zaky tentang tugas ini, dan ternyata wawancaranya itu cuman pindah pindah narasumber tapi yang nyambung, jadi misalnya si ibu A beli dari Sushi tei, sushi tei beli dari pasar B, pasar B beli dari pasar D, pasar D beli dari Tempat asal ikan ikan di tangkep. Nah kata zaky kalau tempatnya terlalu jauh, aku harus cari infonya lebih banyak di internet. Aku belum tau kalau wawancara gak harus ke pedagang, tapi juga bisa wawancara ke orang orang yang suka seafood, asal dia tau sumber makanannya dari mana. Karna aku belum bisa/sempat ke pasar bekasi ini hasil observasi ku tentang pasar bekasi.

Hasil observasi internet:

Ternyata pasar yang bernama bekasi gak cuman satu, tapi dua. Ada Pasar Segar Bekasi Ada Pasar Baru Bekasi jadi kalu mereka kolaborasi jadi Pasar Baru Segar Bekasi.

Pasarnya ini jaraknya lumayan jauh dari aku dan juga dari keduanya. 

Dua pasar ini jaraknya sekitar 5 kilometer, kalau dari rumah ku ke Pasar Baru Bekasi sekitar 6 kilometer, sedangkan kalau dari rumah ku ke Pasar Segar Bekasi itu sekitar 4-5 kilometer.
Jadi gak mungkin aku ke 2 tempat itu tanpa SIM motor.

Pasar Segar Bekasi:

Ini waktu buka pasarnya (Sumber: gugel)

Senin :4AM–5PM
Selasa :4AM–5PM
Rabu :4AM–5PM
Kamis :4AM–5PM
Jumat :4AM–5PM
Sabtu :4AM–5PM
Minggu :4AM–5PM

Menurut web Republika, Pasar ini mulai di tinggalkan oleh pedagang-pedagangnya mulai dari 2014. karna sedikit pelanggan datang ke pasar ini, sehingga pedagangnya pun kurang sabar dan menutup dagangannya.

Pasar Baru Bekasi:

Untuk pasar baru bekasi ini aku sedikit kesulitan mencarinya, karna informasi di internet menurutku kurang. tapi di web Republika ada post tentang pasar ini.

Kendala dan Pengalaman:
Aku cuman kurang ngerti dikit sama tugas minggu ini dan juga nyari spot free parking itu susah. aku juga belajar kalau gak semua orang merasa nyaman untuk di wawancarai/di tanya-tanya.

Sekian dari saya, terimakasih :)










Untuk kak shanty:
Untuk hasil lebih lanjut andro usahain besok selesai.

Source: