Day 4 - EKSPLORASI

Pagi-pagi aku dibangunin Kaysan jam 5:30 padahal masih belum ada kegiatan, jadi aku tidur lagi (-_-)
Jam 6:10 aku bangun lagi, pagi itu kita foto keluarga/foto sama pemilik rumah untuk kenang-kenagan. Kita juga ngasih cendramata untuk bu Murni, sebagai tanda terima kasih. Kita kumpul di Homestay Gatotkaca untuk nemuin delmannya, tapi karena si Zaky dan Ceca terlambat kita semua nunggu 10 menit. Aku juga baru tau ternyata si Yudhis sama si Fattah gak bisa pulang ke rumahnya karna rumahnya ke kunci, jadi mereka nginep di Homestay Gatotkaca di kamar yang gak ke pake
Sambil nunggu si Ceca dan Zaky, kita foto sama pemilik Homestay Gatotkaca. Pas Ceca dan Zaky dateng kita naik delmannya, karna aku agak blakangan jadi duduknya di belakang, pas si Ceca naik aku sama Ceca lututnya beradu, ditambah gerobaknya berat di belakang yang bikin gerobaknya miring 40 derajat. Aku dan Ceca cuman bisa nahan posisi kita supaya gak jatoh, dan ternyata delman yang kita naikin gak ada pintunya yang bikin kita pegel banget nahan tubuh kita sendiri untuk gak jatoh sepanjang jalan. (°ロ°)

Delman kita jalan menuju ke Terminal Borobudur, aku gak bayar yang bayar si Zaky, dan aku belom bayar hutang ku ke dia sampe sekarang ᕕ( ͡° ͜ʖ ͡°)ᕗ. Sampe di sana kita naik bus ke Terminal jombor, kita bayar 15.000 Sampe di halte TransJogja kita naik yang ke SMAN 7 jogja, aku, Zaky, Adinda dibayarin sama si Yudhis lagi. Sampe sana kita naik bus ke Desa Taruban, perjalanannya cukup panjang tapi kita cuman bayar 7.000

Sampe di depan desanya kita bingung mau kemana, untungnya kita ketemu 2 ibu-ibu yang mau bantuin kita ke Homestay kita. Nama ibu itu bu Juminum, yang satunya dia gak nganter sebenernya, dan kita gak tau namanya, di jalan kita liat ada Mie Ayam yang bikin kita laper, apa lagi jalan ke Homestaynya jauh ᕦ(ò_óˇ)ᕤ. Sampe di desanya kita kumpul di rumah bu Cicil. Kakak-kakak Jaladwara juga ada di sana. Kita dikasih tau kalau ada perubahan Homestay.
Yang harusnya aku dan Kaysan di Homestay pak Selamet dan Yudhis Fattah di Homestay bu Lina di ganti jadi aku dan Kaysan di Homestay mbah Adi Basirun dan Yudhis, Fattah di Homestay pak Selamet.
Karna kita butuh sepeda juga di ngringinan ini, ada mobil pickup yang dateng bawa sepeda banyak. Si Kaysan dan Fattah langsung lari ke mobilnya untuk booking sepeda, karna aku juga takut kebagian yang jelek aku ikutan mereka megangin ban sepeda sebagai tanda kalo udah di booking (ツ)_/¯

Sepeda yang aku booking sebenernya udah bagus, trus kaysan nunjukin yang lebih bagus, memang iya sih lebih bagus tapi pas diturunin ternyata remnya udah gak bener dan rantenya macet. Pas aku liat sepeda yang sebelumnya aku udah booking ternyata udah dinaikin Yudhis. (/゚Д゚)/
Aku tanya ke bu Cicil dimana rumah mbah Adi, bu Cicil kasih tau kalau rumahnya di rumah yang ke tiga dari rumah bu Cicil. Si Kaysan kepalanya lagi sakit/pusing (Info dari: Zaky) jadi aku ke Homestay ku sendiri. Di Homestay aku liat ada nenek yang lagi nonton Tv, aku ketuk pintunya dia langsung keluar sama ada mbah Adi juga. Mbah Adi langsung persilahkan aku masuk dan nunjukin kamarnya, kamarnya ada mejanya, kursi, lemari dan kasur yang gak ada cuman pintu.

Aku keluar ke meja makan untuk ngobrol sama mbah Adi, dia langsung cerita panjang tentang keluarga dan masa kecilnya. Aku cuman bisa dengerin dia cerita dan ngebayangin kisah hidupnya. Karna ceritanya lumayan panjang (Gak panjang banget sih) jadi aku bakal pisah ke postingan yang pisah [Link Ceritanya]. Setelah dia cerita panjang, kita ke tempat anaknya, rumah anaknya sebelah rumah mbah Adi persis jadi kita cuman jalan. Di tempat kreasi anaknya ada partner anak mbah Adi namanya Mas Lukas, dia suka membuat patung pake tanah liat, patung yang dia bikin bisa di jual sampe 5 juta. Sambil liat-liat si Kaysan dateng.
Kita ke Homestay bu Gun atau homestay yang cewe-cewe. Jadi yang cewe-cewe itu tidurnya serumah sama kakak-kakak Jaladwara, jadi kalau mau kumpul kita ke rumah yang cewe-cewe.

Di rumah bu Gun, ada jagung jenisnya jagung hibrida (Info dari: Zaky) jagungnya itu kering dan bisa di kupas pake tangan telanjang. Setelah ngupas-ngupas kita ngumpul di Homestaynya. Kita ngobrol-ngobrol. Ada kejadian yang menegangkan pas lagi santai-santai, si Zaky teriak ada laba-laba yang bikin aku langsung merangkak cepet ke sisi lain ruang tamunya. Pas lagi ngerangkak aku denger bunyi "Krek... Tak!" aku sadar kalo ada benda di bawah lututku yang hancur! Aku langsung cepet-cepet menghindar dari daerah laba-labanya baru aku cek apa yang aku baru ajah hancurin. Ternyata yang aku tindih itu kacamatanya Zaky! ﴾͡๏̯͡๏﴿
Aku cuman bisa melongo sambil kak Inu negur aku. Jadi kalo dihitung aku hutang ke Zaky... emmm... (kacamata 300.000 + andong 8.000 = 308.000) Yaudah lah.. kita kan temen.

Makan siang hari ini kita beli sendiri, si Yudhis inget kalo di depan ada mie ayam yang kita liat jadi kita jalan ke sana naik sepeda. Aku mesen mie ayam 1 sama es teh manis. Setelah kenyang makan di mie ayam kita pulang ke rumah Homestay bu Gun lagi, Kakak-kakak suruh kita untuk eksplor sekitaran desa, kita juga di saranin untuk ke suatu tempat namanya kalo gak salah embun.. engbung.. ato apalah itu, aku gak tau apa yang ada di sana tapi kita semua jalan kesana ngikutin si Yudhis yang mimpin jalan. Di pertengahan jalan kita lihat ada semacam tempat yang luas, pertamanya si Yudhis mau ke situ tapi dia gak yakin ada jalan atau enggak, karna ada kandang sapi yang nutupin jalan ke arang tempat itu. Tapi karna aku tetep mau nyoba aku yang duluan, setelah aku nemu jalannya aku teriak "Ada jalan!" terus yang lain ikut. Di tempat itu ada kaya tiang berbentuk kubus dan di situ ada banyak orang. Aku terus mendekat sampe akhirnya aku liat ternyata orang-orang itu lagi melatih burung merpati untuk terbang.

Kita semua liat mereka lagi latih burung mereka, kadang-kadang aku suka bingung mereka megang satu burung merpati terus tiba-tiba ada pasangannya yang muncul dari langit secara tiba-tiba. aku cuman bisa ngeliatin sambil mikir asalnya burung itu dari mana!?
Si Yudhis nanya orang yang punya sambil aku juga sempet denger kalo salah satu mereka ada yang pernah menang lomba burung terus kalo gak salah buruhnya di jual sampe dapet 2 motor. ಠ▃ಠ
Aku baru sadar kalo ternyata si Kaysan dan Zaky gak ada, katanya si Zaky ikut si Kaysan ke endung, karna yang tau jalannya malah si Kaysan bukan si Yudhis.
Karna mereka udah selesai melatih burung mereka, mereka pulang jadi kita ikutan pulang ke rumah masing-masing. Jam 6 sore aku dan Kaysan makan di rumah, kita makan ayam bakar sambil ngobrol sama mbah Adi. Setelah itu kita mandi, di sana ada 2 kamar mandi, aku mandi di kamar mandi 1 (Sebut ajah kamar mandi 1) kamar mandi ini pintunya gak bisa ditutup dan lampunya bohlamp jadi gelap. Aku gak ada perasaan takut sama hal gaib, aku cuman takut ada orang yang tiba-tiba masuk karna gak tau aku ada di dalem. Mungkin kalo ada keran yang bisa di nyalain bisa membantu bikin suara, jadi bisa dijadiin tanda kalo ada orang, nah masalahnya kerannya ini cuman kaya selang dan aku gak tau cara nyalainnya.

Kalo di kamar mandi aku gak takut, nah pas di jalan menuju rumahnya aku takut, karna jarak toilet ke rumah itu jauh, di tambah banyak pohon-pohon pisang dan bagian yang gelap yang bikin aku tambah takut. Kita kumpul lagi di Homestay bu Gun untuk diskusi.
Di Homestay bu Gun pas kita lagi diskusi tiba-tiba mati listrik!

Karna mati lampu, kita memutuskan untuk main kartu (ง ͠° ͟ل͜ ͡°)ง
Kita sepakat untuk main Werewolf yang cuman satu malam atau bisa di sebut Ultimate One Night Werewolf. Pertamanya cuman Kita (Tanpa kakak Jaladwara) yang main, lama-lama kakaknya juga ikut main. Seru rasanya bisa main Werewolf lagi, apa lagi si Yudhis yang jadi moderatornya, meskipun sering kali dia salah.

Setelah main werewolf kak Kukuh langsung merubah suasana jadi mengerikan, dia ambil lilin terus dia taruh di tengah-tengah kita kaya mau ritual. Terus dia cerita pake suara rendah ngomong kaya gini "Ok, jadi kita mau ngasih tau yang sebenernya, karna kemaren itu kebetulan malem jumat kliwon. Jumat kliwon itu banyak di ketahui sebagai hari yang seram/mistis. Apalagi kemaren kalian ngomongin tentang hal gaib kan?" Aku cuman bisa diem dan mencerna yang barusan di bicarain kak Kukuh, terus kak Kukuh lanjutin lagi "Kita diem-diem ngebiarin si Yudhis sama Fattah di kamar yang kita sebenarnya gak pilih karna..." ಠ▃ಠ''
Setelah itu dia cuman ngasih tau "Gak deng... kita mau kasih kalian surprise, sekarang kaliang semua tutup mata." Aku langsung tutup mata, aku berharap ada sesuatu yang mengejutkan aku kaya; Ada keluarga kita yang tiba-tiba dateng, atau ada temen dari daerah jawa yang dateng, atau mungkin ada perubahan tempat tinggal, atau kita explorasi di perpanjang jadi 2 minggu. Pas buka mata ternyata gak ada apa-apa ლ(ಠ_ಠლ)
Ternyata surprisenya pergantian klompok! klompoknya di ganti supaya kakak-kakaknya tau kemampuan kita masing-masing. Jadi klompoknya di ubah kaya yang ada di bawah ini.
Aku | Yudhis | Ceca
Zaky | Kaysan | Fattah
Donna | Yla | Adinda

Wooooooooooooooooooooooo! Sebenernya bagus juga sih di ubah, jadi bagi yang gak terlalu berperan bisa beradaptasi sama klompok baru yang bikin mereka bisa mengenali kemampuan mereka atau bisa lebih berperan dalam klompok. Setelah itu kita pulang ke homestay masing-masing (Paling deket homestaynya yang cewe-cewe (╯°□°)╯︵ ʞooqǝɔɐɟ)

Di rumah aku dan Kaysan liat mbah utinya lagi nonton Standup Comedi, kita jadi ikut nonton, habis itu tidur.