Day 1 - EKSPLORASI

Aku bangun jam 5 pagi. Ngecek tas, udah siap semua apa belum. Di bawah ini adalah list barang-barang yang aku bawa ke sana:
1. Pakaian
         Baju — 5
         Baju berkerah —1
         Kanebo — 1
         Celana — 4
         Celana dalms — 8
         Kaos kaki — 2 pasang
         Jaket — 1

2. Peralatan mandi
         Deodoran
         Sampo
         Sabun
         Sikat gigi
         Odol
         Sabun cuci muka

3. Perlengkapan ibadah
         Buku doa

4. Pelindung cuaca
         Payung
         Jas hujan (mungkin)

5. Alat tulis
         Pulpen
         Correction tape
         Marker
         Buku journal

6. P3K
         Tolak angin 5

7. Tempat konsum
         Kotak makan
         Garpu sendok
         Botol minum

8. Tas
         Ransel
         Tas kecil

9. Kartu
         Kartu kereta
         ID card

10. Plus plus
         Sendal gunung
         Buff
         Kacamata
         Gelang — 3
         Dompet

Aku langsung cepet-cepet makan, trus mandi, trus berangkat, sama bang Andi, ke stasiun lempuyangan jam 7 kurang 15. Sampe sana, aku nunggu sekitar 20-25 menit. Pas keretanya udah dateng, aku dan bang Andi, memutuskan untuk ke pintu keluar, di sisi lain. Di sana aku ngelihat yang lain (yang dari jakarta) lagi sibuk, gak tau ngapain. Sebelum yang lain keluar dari gerbang, aku pamitan ke bang Andi. Karena kalo aku udah ketemu yang lain sebelum pamit ke bang Andi, nanti malah aku udah asik sama yang lain, dan bang Andi jadi kelupaan.

Setelah ketemu yang lain, kita ke pintu keluar yang satunya lagi, untuk ketemu sama kakak-kakak Jaladwara. Sampe sana kakak-kakaknya perkenalan. Ada kak Inu, kak Melly, kak Kukuh. Mereka jelasin tentang perjalanannya nanti, sambil bagiin buku saku ke kita (adek-adek), dan ngasih tau kelompok-kelompoknya.
Kita semua bersembilan(9) dibagi 3 kelompok.
Kelompok Marimas Rasa Soto: Aku, Kaysan, Adinda
Kelompok Nasi Uduk: Yudhis, Fattah, Yla
Kelompok Rawon Ayam: Zaky, Ceca, Donna
Kakak-kakaknya nyuruh kita untuk makan siang, tapi tas-tasnya ditinggal, dan kakak-kakaknya juga pergi. Jadi salah satu kelompok kita harus ada yang jaga tas-tasnya. Akhirnya Zaky, Yudhis, Kaysan hompimpa untuk mewakili kelompok, siapa yang jaga. Hasil akhirnya, kelompok Zaky yang jaga tas-tasnya, kelompok aku dan Yudhis yang pergi makan. Kita nemu tempat semacam nasi kucing, tapi buka siang. Kita makan di sana. Di sana penjualnya ada 2, yang satu duduk doang tapi. Mereka berdua suka bercanda. Orangnya seru. Sayangnya aku udah makan di rumah. Karena udah kenyang, aku gak beli makan. Sebelum yang lain selesai, si Fattah udah selesai duluan, trus dia balik ke stasiun duluan. Setelah semuanya selesai, kita balik ke stasiun. Sampe stasiun, giliran kelompok Zaky yang makan.

Di stasiun kita nunggu kelompok si Zaky makan, sambil aku ngejournal.
Setelah mereka semua udah makan, kita jalan menuju ke halte TransJogja, Kita semua jalan kaki, menuju ke haltenya. Sebenernya di buku saku di tulis, kita harus naik becak ke haltenya. Tapi karena becak mahal, dan haltenya gak jauh jauh banget(sekitar 200-300 meter) kita mutusin untuk jalan. Sampe di halte, yang lain masuk kecuali aku, Adinda, Zaky. Karena kita gak punya kartu flash, kita minjem kartu si Yudhis. Karena harganya murah (1.500) si Yudhis tidak segan meminjamkan kartu dia. Masuk di halte, kita dorong-dorongan karena sempit. Kita semua nunggu TransJogja 2A yang menuju Terminal Jombor. Datengnya TransJogja lumayan lama. Pas TransJogjanya dateng, kita semua masuk, tapi gak ada satupun dari kita yang duduk. Tapi setelah beberapa lama kemudian, beberapa orang di Transnya keluar di halte-halte. Satu per satu dari kita akhirnya bisa duduk. Sampe di Terminal Jombor kita turun, trus kita langsung naik Bus yang ke Borobudur. Busnya pun langsung jalan.

Di jalan aku nulis journal lagi, tapi gak banyak. Karna jalannya grunjal-grunjal (gak stabil) jadi tulisan ku udah mirip spageti jatoh dari monas. pas di jalan juga, keneknya minta kita bayar untuk perjalanan ke Borobudur. Kita semua udah ngeluarin dompet duluan, jadi keneknya udah ijo duluan matanya. Pas aku kasih 15.000 dia malah nolak, dia minta lebih. Karna aku gak tau harus berbuat apa, aku kasih 20.000 *facepalm*. Jadi karna aku juga, yang lain jadi bayar 20.000. Maklum baru pertama naik. Sampe di Terminal Borobudur, kita kelaperan. Kita pun mutusin untuk makan di jalan. Di sana jalan kita nemu tempat makan, kelihatannya enak. Kita masuk trus duduk. Pertama, kita masih ngbrol, trus si Kaysan udah kelaperan duluan, dia ngajak si Yudhis untuk ngambil makan duluan. Aku sama Zaky juga ikutan. Tempat makannya itu gede, dan kalo mau makan ngambil makannya ngambil sendiri di meja. Aku ngambil nasi dan mie doang. Karna semua sayuran yang aku cicip dan lihat itu pedes semua, dan juga kalo di tempat yang cara makan dan bayarnya kaya gitu, mending ambil nasi yang banyak tambah lauk yang gak bisa dihitung jumlah (kaya mie, sop, sayuran). Karna kalo lauk yang dihitung jumlah kaya ayam, telur, tempe, tau, dll itu dihitung 1 buah 1 harga. tapi kalo mie ngambil sebanyak apapun harganya tetep sama.

Setelah selesai aku makan, kita ngobrol-ngobrol. Tiba-tiba ada bapak-bapak dateng nanya "Dari mana dek?" - "Mau kemana?" kita bilang ajah, kita mau ke desa maitan. Ternyata dia kusir delman! Dia pun ngajak kita ikut delman dia ke desa maitan. Tapi ada harganya. Pertama dia nawar 100 ribu/1 delman. Kita pun kaget dan nolak. Masa 1 delman doang 100 ribu ke disa maitan. Jadi si Yudhis nawar "50 ribu lah pak!" dengan logat sok jawa. Bapaknya nolak "Wah! kalo segitu saya gak mau. dari sini ke desa maitan itu sekitar 5-6 kilo." Si fattah jawab "Kalo gitu mending jalan kaki." Si Yudhis pun nolak dan setuju untuk jalan kaki. Sebelum kita jalan si bapaknya nawar "Yaudah. Gimana kalo 50 ribu" Si Yudhisnya tetep gak mau. Akhirnya bapaknya bilang "Yaudin... 40 ribu deh.." Bapaknya pun nyerah nawar dengan nurunin sampe 40 ribu. Karna kita bersembilan, kita butuh 2 delman. Kita pun nemu bapakya satu lagi, trus berangkat. Kalo menurutku, dari tempat makan tadi sampe ke desa maitan gak sampe 5 kilo! mungkin sekitar 2-3 kilo doang. Sampe sana aku dan Kaysan langsung nemu Homestay kita. Oh iya, di bawah ini tempat tinggal kita masing masing.

Homestay "Dewi Shinta": Ceca, Zaky
Homestay "Srikandi"      : Aku, Kaysan
Homestay "Puntadewo"  : Fattah, Yudhis
Homestay "Antasena"     : Dinda, Yla, Donna
Homestay "Gatotkaca"   : Kak Kukuh, Kak Inu, Kak Melly

Setelah aku dan Kaysan tau tempat nginep kita, kita langsung masuk. Pas kita ketuk pintunya, kita lihat ada ibu-ibu berumur sekitar 40-50 taun keluar. Kita disuruh masuk ke dalem, kita dikasih tau kamarnya, ditawar cemilan. Nama ibu itu, ibu Murni. Aku dan Kaysan naruh barang-barang kita di kamarnya, trus kita tiduran. Setelah itu kita berdua ngobrol sama bu Murni banyak. Kita juga ketemu sama anaknya bu Murni itu, Namanya mbak Hari. Dia sebenernya udah lumayan tua dan punya anak. Makanya aku agak bingung kadang, mau manggilnya Bu atau mbak. Bu Murni ternyata juga petani! dia mau ngajak kita ke sawah besok, jam 9 pagi. Setelah itu kita semua ngumpul di Homestay Gatotkaca, kita di sana ngobrol, cerita tentang perjalanan tadi. Kita baru tau, ternyata yang tadi di bus kita bayar 20 ribu, harusnya kita bayar cuman 15 ribu. Kita juga ngebahas apa yang mau dilakuin nanti dan besok. Dan juga kita mendalamkan apa yang mau kita fokusin kedepan. Yang baru dapet baru si Yudhis, Kaysan, Ceca. Si Yuhdis mau fokus ke bentuk bangunan, si Kaysan mau fokus ke padi, sawah, beras, si Ceca mau fokus nyari tentang Apakah orang-orang desa ini masih menggunakan bintang untuk alat bantu arahnya peta.

Setelah diskusi macem-macem, kita disuruh pisah secara kelompok. Karna si Kaysan mau cari tau tentang padi-padian, kita bertiga ke arah sawah, dan kita cari jalan ke arah sawah. Jalan menuju ke sawah itu turunan dan becek. Di jalan itu banyak pohon berbaris mirip kaya dinding yang ngehalangin jalan kita ke arah sawah. Jadi kita jalan ke ujung barisan pohon itu.  Pas di jalan menuju sawah, ada nenek-nenek, lagi duduk sambil menyuci baju di samping sumur air, di sampingnya juga ada air yang mengalir melewati dia, menuju ke saluran air kecil. Kita menyapa dengan bahasa jawa "Nuwun Sewu mbah :)" Trus dia malah jawab pake bahasa jawa halus panjang lebar ke kita. Karna kita bingung kita jawab "Mau ke sawah mbah." Setelah itu kita jalan ngelewatin dia. Setelah jalan sedikit, ternyata jalannya buntu, jadi kita balik arah dan kita nyadar ternyata kak Inu selama ini ngikutin kita. Setelah itu kita jalan balik, nenek-nenek itu sudah pergi, entah kemana.

Di samping sumur yang tadi kita lewatin, ada bagian barisan pohon yang terbuka sedikit, si Dinda ngasih tau kita kalo itu jalan ke sawahnya. Awalnya kita kurang percaya kalo itu jalannya, sampe akhirnya si Dinda Jalan lewat pohon-pohon itu trus teriak ke kita "Iya! ini jalan ke arah sawahnya." aku dan Kaysan jalan ke arah Adinda trus jalan ke sawahnya. Sampe di sawah, kita lihat ada bapak-bapak lagi berdiri di pinggir sungai membawa payung dan tongkat yang mengarah ke dalam sungai itu.

Kita pun jalan sedikit, untuk mendatangi orang tua itu. Trus Kaysan menyapa "Misi pak." dilanjutin "Kalau petani yang kerja di sini ada di mana ya pak?" trus dia jawab "Kalau petani di sini, udah gak kerja jam segini." trus Kaysan tanya lagi "Kalo gitu, mereka kerja jam berapa?" dia jawab sambil megangin tongkatnya "Mereka kerja mulai dari jam 9 pagi biasanya." Kaysan jawab lagi "Ohh... yaudah pak.. Makasih ya pak." Setelah itu kita pergi, sambil difoto kak Inu. Sampe di tempat sumur tadi, aku menengok ke arah sawah, ngelihat kak Inu lagi ngobrol sama bapak-bapak itu. Aku terus langsung melanjutkan perjalanan ke atas.

Sampe di atas, kita jalan ke homestay ku. Kita bertiga ngobrol sama pemilik rumah, bu murni. Dia bercerita sambil mengiris-iris singkong untuk dibuat balung kuwok (Kripik singkong yang dibuat rumahan) kita nanya-nanya tentang makanan sehari-hari. Katanya bu murni ini, mereka ini jarang makan indomie. Mereka makan indomie kalau nasi gak ada, dan lagi gak ada uang untuk beli lauk biasa (biasa= tempe/tahu/telor/sayuran), juga, kalo mereka masak nasi, mereka gak pake magic jar(pemasak nasi) tapi pake tungku. Mereka cuman masak pake magic jar kalo lagi gak ada waktu, tapi kalo lagi gak ada kerjaan atau punya banyak waktu, mereka masak nasi pake tungku.
Setelah kita ngobrol banyak, kita balik lagi ke Homestay Gatotkaca. Kita diskusi dan cerita apa yang udah kita lewatin hari ini. Ditambah kita harus nulis journal dan logbook. Aku, Kaysan, Adinda ngobrol sama kak Inu. Kak Inu cerita kalau sebenernya, orang yang kita temuin itu, seorang petani yang punya hewan ternak juga! Si Kaysan pun nyesel gak nanya lebih lanjut.

Setelah kita diskusi, kita lihat ada anak-anak desa yang main bola tepat di depan homestay Gatotkaca. Kita semua pertamanya nontonin. Trus mulai si Kaysan, Fattah, Ceca main. Lama kelamaan aku jadi pengen ikutan main bola, akhirnya aku ikut main bola. Zaky, Yudhis, Donna, Yla juga ikutan. Semuanya jadi main bola, kecuali Dinda. Kita main bolah gak terlalu lama. Sering banget bolanya nyangkut di atap.

Setelah selesai main bola, kita semua disuruh ke rumah masing masing, makan, mandi. Sampe di rumah, aku terus mandi. Selesai mandi langsung makan bareng Kaysan. Selesai makan kita pergi lagi ke Homestay Gatotkaca.

Di sana kita diskusi lagi. Kita ngobrolin gimana caranya supaya wawancara orang bisa lebih enak, mulus, gak to the point, dan gak baku. Kenapa gak to the point? karna kalo to the point, malah kaya diinterogasi, atau karna terlalu to the point, kita malah terlalu fokus, ke apa yang kita mau, dan gak sadar kalau di balik pernyataan yang kita tanya ada sesuatu yang lebih menarik, contohnya kaya tadi siang pas kita ke sawah. Kita pun nyoba wawancara simulator. Jadi setiap klompok berpura-pura lagi wawancara kak Kukuh, sedangkan kak Kukuh berpura-pura menjadi orang asing yang baru kita pertamakali ketemu. Simulatornya dimulai dari Klompok Rawon ayam (Zaky). Trus Nasi uduk (Yudhis). Terakhir klompok Marimas rasa Soto (Aku). Setiap kali satu klompok selesai wawancara, setiap orang dikasih kesempatan memberi nilai dari 1 sampai 10 ke klompok yang udah wawanara. Klompok aku gak terlalu bagus wawancaranya, karna gak mulus nanyanya (Contoh: dari nanya makanan malah jadi nanya anak). Trus kita dikasih tips bagaimana cara wawancara yang lebih enak. Selesai diskusi, kita semua pulang ke rumah masing masing. Sampe rumah, aku berusaha inget untuk nulis journal, tapi malah kelupaan. Jadi aku ketiduran.

1111111111111