23-7 2018




[1]Web Design adalah proses pembuatan website. Yang meliputi banyak macam aspek, termasuk rancangan bentuk website, produksi konten (gambar, video, dsb.), dan desain grafis.

Belakangan aku belajar web design dengan software Sublime text dengan menulis manual, tapi ada auto-fill nya juga.
Hari ini aku belajar banyak dari artikel dan video Youtube tentang Web Design.
Pagi Siang ini aku bangun jam 9, langsung nyari makan di dapur yang ternyata gak ada makan.
Aku cek di kulkas kalao ada makanan yang "edible" alias bukan sayuran yang tertinggal di kulkas berbulan-bulan, ternyata ada telor.

Aku mondar-mandir di rumah nyari siapa aja yang hadir dirumah siang ini sambil "ngumpulin nyawa"
Di kandang cimot aku liat ke dalem mesin cuci

Otak kiri: Ahh...Cucian kemaren lupa diselesain
Otak kanan: Sebenernya bisa kan kemaren dikelarin dulu sebelum nonton film sama mas dhika?
Otak kiri: Bisa sih...
Otak kanan: Terus?
Otak kiri: Gak tau.

Akhirnya aku ulang nyuci pake deterjen sama pelembut karena udah bau (Baunya kaya air minum digelas yang buat minum abis makan ayam, terus airnya dibiarin selama 3 hari terbuka sambil dijemur di bawah matahari)
Sambil nunggu cucian selesai aku ke kamar mbak Anin, terus dia nanya ke aku
Mbanin: Ndro, itu mumpung ada mbak Nia mau gak?
Aku: Hah?
Mbanin: Itu, mumpung ada mbak Nia
Aku: Keluarin cimot?
Mbanin: Iya

Jadi maksud dia si cimot dikeluarin dari kandang ke kandang si bintang dan ester (anjing mbak Nia), biar bisa kenalan
Aku sih males, pengen, tapi males.
Karna megangin cimot bau belom mandi dari hari rabu, terus risiko aku ke-gigit salah satu anjingnya itu 101%
Jadi aku tinggalin mbak Anin ke blakang, aku ke kamar buka laptop (padahal belom mandi)

Lagi buka laptop, tiba-tiba ada suara kaki anjing di belakang ku
Aku liat kejendela udah ada mbak Anin sama mbak Nia lagi megangin cimot
Pokoknya aku lama nonton mereka bertengkar/kenalan
FULL VIDEO! 2 ANJING YANG BERANTEM SETELAH KETEMU! [NO-CLICKBAIT
Setelah itu aku balik lagi ke mesin cuci, aku kasih pelembut. Terus balik ke kamar

Hari ini aku baca artikel dari STRATeCOMM yang judulnya "Components of a Website"
Jadi di artikel ini mereka menjelaskan apa saja isi-isi website yang 'ideal'
Ada Front end yang isinya ada navigasi, bentuk website, logo, gambar, konten dan design grafis.
ada juga Back end yang isinya banyak :v

Mereka jelasinnya simpel untuk yang gak ngerti apa itu back-end apa itu front-end.
"front-end is what you see, back-end is what you don't"
atau
"front-end itu yang kelihatan, back-end itu yang tidak kelihatan (di-website)."
Jadi Front-end itu ada HTML, CSS, JS, mereka fungsinya menampilkan suatu dari kode ke layar, atau mengubah bentuk sesuatu. Simpelnya gitu dan setauku JS juga bisa buat back-end.
Sedangkan Back-end bisa ngelakuin macem-macem. Simpelnya gitu :v

Setelah baca aku mulai un-focus karna kurang kafein dari kopi yang biasa aku minum setiap pagi
Karna udah jam 2, aku cari video yutub tentang webdesign.
Aku nemu [2]video tentang UX dimana dia jelasin sesuatu tentang perhatian pengguna website
Yang menarik menurutku, adalah ada grafis yang nunjukin y = perhatian x = waktu, sumbernya kalo gak salah dari orang orang yang bikin penghakiman/pilihan di jam tertentu
Dia menyatakan bahwa perhatian/pilihan/kebijakan orang biasanya menurun di waktu waktu dimana orang-orang belum makan. Jadi menurun setiap waktu setelah makan.

Ada juga studi di super market kalo gak salah
Ada selai (ato jelly) yang ada 6 rasa di awal awal, terus kemudian hari mereka tambah rasanya jadi ada 30 macam. Ternyata yang kejual lebih banyak yang 6 rasa. Terus mereka bikin survey ke orang dengan nanya "mending disuruh pilih selai 6 rasa atau 30 rasa?" hasilnya kebanyakan orang justru milih yang 30 rasa, karna mereka mau punya lebih banyak pilihan.
Jadi, orang-orang cenderung reaksi berbeda dengan apa yang mereka sebelumnya ucapin.

(sama kaya studi [3]Trolley Problem yang udah di coba oleh Michael Stevens pengisi acara Vsauce dimana dia nyoba untuk ngelakuin trolley problem ke orang orang di dunia nyata. Banyak orang yang bilang kalau mereka di dalam situasi Trolley Problem mereka bakal pindah jalur kereta sedangkan di video ini mereka dapet bahwa orang-orang cenderung diem ajah tanpa mindahin jalur. tapi gak ada orang yang terluka kok. Harus cek videonya, cuma sebentar tapi banyak banget yang bisa dipelajari)

Ada banyak pelajaran dari video ini, tapi ini udah jam 10 jadi aku lanjutin besok lagi ceritanya



1. ^Web Design https://techterms.com/definition/web_design
2. ^Designing A Fantastic UX With Psychology (Coding Tech) https://youtu.be/mxzK4sWfvH8
3. ^Trolley Problem In real life > The Greater Good - Mind Field S2 (Ep 1) https://youtu.be/1sl5KJ69qiA