Tantangan #06 (T06): Mencari pola data dan membuat inferensi

Tantangan kali ini adalah belajar mencari pola data dan membuat inferensi dari hasil wawancara pada Tantangan#05.

Di minggu ke 6 ini kita di suruh membuat pola data dan inferensi. Aku bikin tugasnya cepet bukan karna pengen pergi, tapi karna tugas Oase Code Camp belum ada, jadi aku focus ke tugas ini dulu.
Jadi ini hasil pola datanya.

Wawancara Aza:
"Aku pergi ke pepustakaan daerah salatiga dengan teman ku dan bunda ku dan izzan. Aku di perpusda keliling untuk mencari orang yang bisa aku tanya terus aku ketemu bapak bapak namanya bapak Agus Indarto beliau kesukaan nya makan Bakso beliau suka nya makan di Bakso pak sugeng setelah itu beliau suka nya makan nya menjelang malam *emang enak makam menjelang malam makan yang berkuah kuah Srrrup* setelah itu aku bertanya kenapa bapak suka bakso beliau memberi tau karea enak sedap dan seger untuk dikunyah. Siapa yang membuat bakso tersebut namanya bapak sugeng kanapa suka makan di bakso pak sugeng kenapa gak yang lain soal nya di bakso pak sugeng lebih enak dan harga nya terjangkau.
Wawancara Anja:
Nama : Rohmad "Orang yang aku wawancarai suka makan bakso, mie ayam dan es campur. Mengapa suka bakso ? karna rasanya lezat, om Rohmad belum pernah membuat bakso sendiri. Mengapa suka mie ayam ? karna rasanya lezat dan kalau di tambahkan bakso lebih lezat lagi, om Rohmad sudah pernah membuat mie ayam sendiri. Mengapa suka es campur ? karna rasanya segar, om Rohmad sudah pernah membuat es campur sendiri."
Nama : Hendi Adam "Orang kedua yang aku wawancarai suka makan ayam goreng, kerang hijau rebus, kue pancong dan roti bakar es krim. Mengapa suka ayam goreng ? Karna rasanya enak, om adam sudah pernah membuat ayam goreng sendiri. Mengapa suka kerang hijau rebus karna rasanya enak, om Adam belum pernah membuat kerang hijau rebus sendiri. Mengapa suka kue pancong dan roti bakar es krim ? Karna rasanya enak dan juga makanan untuk ngumpul bersama teman-teman. Om adam belum pernah membuat kue pancong sendiri, tetapi om adam sudah pernah membuat roti bakar es krim sendiri."
Wawancara Alevko:
"Siapa namanya? asum. nama lengkapnya? asum sumiati. tingalnya dimana? ciangsana. asalnya dari mana? ciagsana. makanan kesukaanya apa? bakso dan mie."
Wawancara Emma:
Namanya tante Y "Saya melakukan wawancara ini pada jam 11-an (pagi) hari Jum'at, 9 September 2016. Saat itu saya sedang di kantor bapak saya untuk melakukan tugas ini, karena tempat di sekitar rumah saya sepi orang yang sedang tidak terburu-buru. Saya lalu memilih narasumber salah satu karyawan kantor tersebut, seorang ibu berjilbab, karena dia lagi punya waktu, dan dari beberapa pengalamanku sebelumnya, dia baik kepada anak-anak. Sebelumnya, aku juga jarang bicara dengan dia. Namanya tante Y. makanan favoritnya adalah ayam goreng gaya sunda. paling suka bagian tubuh paha bawah (drumstick) karena dagingnya yang paling lembut, sedangkan misalnya dada sering terlalu kering. senangnya disajikan dengan nasi liwet. untuk menambah kesegaran, dia menikmati tambahan sayuran dan lalapan sunda untuk tambahan rasa dia juga menyukai tambahan-tambahan sambal dan sedikit ikan asin"
 Wawancara Adinda:
"Saya memutuskan untuk mewawancarai pelatih ice skating saya di Bintaro Xchange, namanya kak Firda. Makanan kesukaanya es krim. katanya "es krim itu enak dan cocok di segala situasi, menyegarkan dan menenangkan hati". Kak Firda sukanya es krim yang tidak terlalu manis. Toko es krim favotitnya adalah Massimo Gelato di Bali, katanya es krim di Bali lebih murah daripada es krim di Jakarta. Yang menarik adalah dia bisa makan 500ml sehari, atau sebanyak-banyaknya kalau ada es krimnya."

"Saya juga mewawancarai teman sekelas saya di Dream Dress Course, yaitu Francina, panggilannya Cina. Nama lengkapnya adalah Francina Joyce Good, keturunan Indonesia dan Australia. Makanan kesukaanya adalah rendang. Alasan dia menyukai rendang adalah karena rendang itu pedas. Pertama kali dia mencoba rendang saat umurnya 6 tahun.
Wawancara Naufal:
"I went to the far edge of the village, beyond the indoor soccer field, beyond the houses. Then, saw a person (almost a grandpa, probably in his 50s). I asked him if I could ask what his favourite food was, and he said his favorite food was oriental fried chicken (not Kentucky Fried Chicken or anything of that kind) because it is savoury and sometimes has crispy skin if he cooks it just right. He also gets reminded of a time when he was a kid and his mother cooked some fried chicken. It was also cheap to make some fried chicken, but it is also tasty (true dat!) to eat. He also loves eating the said chicken with very hot homemade chilli sauce, but he said was also tasty."

1. Fakta narasumber dari wawancara Aza:
  • Pria / Suka makan Bakso / Suka makam menjelang malam makan yang berkuah kuah / Gak makan bakso di tempat lain karena enak dan harga terjangkau.

2. Fakta narasumber dari wawancara Anja:
  • Pria / Suka makan Bakso dan Mie ayam / Suka bakso dan mie karena lezat.
  • Pria / Suka makan Ayam goreng dan Es krim / Suka ayam goreng karena rasanya enak.

3. Fakta narasumber dari wawancara Alevko:
  • Wanita / Suka makan Bakso dan Mie.

4. Fakta narasumber dari wawancara Emma:
  • Wanita / Suka makan Ayam goreng.

5. Fakta narasumber dari wawancara Adinda:
  • Wanita / Suka makan Es krim / minum es krim karna enak dan cocok di segala situasi, menyagarkan dan menenangkan hati.
  • Wanita / Suka makan rendang.

6. Fakta narasumber dari wawancara Naufal:
  • Pria / Suka makan Ayam goreng / Karena gurih dan nikmat.

Pola Data:
  1. Pria tua yang di temui naufal, Tante Y dan Om adam Suka makan ayam goreng karna rasanya lezat, nikmat dan gurih.
  2. Kak Firda dan om Adam sama sama suka Es krim, meskipun om Adam suka es krim yang ada di roti bakar. Mereka suka es krim karna enak dan menyegarkan.
  3. Om Rohmad dan ibu Asum suka dengan rasanya mie dan mie ayam, mereka suka mengkonsumsi mie karena rasa mie lezat.
  4. Pak Agus, om Rohmad dan ibu Asum suka makan bakso, mereka suka makan bakso karna rasa pedasnya, panasnya, lezatnya dan lain-lain.
  5. Pak Agus, om Rohmad dan ibu Asum selalu membeli bakso dan tidak pernah membuat bakso sendiri.
  6. Francina, Pria tua yang di temui naufal dan tante Y suka makanan yang pedas.
  7. Tante Y, ibu Asum, om Rohmad dan om Adam bisa dan pernah membuat salah satu makanan kesukaannya.
  8. Hanya tante Y yang suka makan sayur.
  9. Hanya ibu asum yang memberitahu kalau dia mempunyai anak.
  10. Francina dan Pria tua yang di temui naufal menyukai makanannya sejak kecil.
Inferensi:
  • Bakso ternyata banyak sekali di sukai karena rasa dagingnya yang nikmat, kuahnya yang segar dan juga karena pedasnya.
  • Ayam goreng juga di sukai banyak orang karena rasanya yang gurih dan juga kulitnya yang krispi.
  • Segala macam mie juga di sukai karna rasanya yang khas.
  • Lebih enak membeli bakso daripada membuatnya sendiri.
  • Es Krim enak karena rasa manisnya di mulut, juga karena dinginnya yang menyegarkan.
  • Ternyata orang indonesia sangat suka pedas, sampe sampe keturunan australia juga jadi ikutan suka pedas.
  • Di bali ternyata ada gelato yang enak, nama tokonya Massimo Gelato.
Itu dia tugas ku minggu ini.
Aku belajar banyak hal dari mereka semua yang wawancara, aku juga belajar banyak dari wawancara yang aku gak cantumin di sini, meskipun aku gak cantumin tapi tetep aku baca sebagian. Yang susah pas bikin tugas ini itu pas di bagian pola data, karna di tugasnya di suruh untuk tulis minimal 10 Pola data